Kecerdasan Manusia

Wednesday, January 14, 2009

|
Ada sebuah penemuan yang luar biasa oleh seorang pakar psikologi, namanya Howard Gardner. Dia mengatakan bahwa setiap orang memiliki tujuh kecerdasan (dan baru-baru ini ditambah satu lagi menjadi delapan) yang selalu bekerja in concert atau bersama-sama. Kecerdasan adalah kemampuan dalam menyelesaikan masalah dan menghasilkan produk yang bernilai budaya. Di antara kedelapan kecerdasan itu, pasti ada salah satu yang paling menonjol pada diri seseorang. Kecerdasar yang menonjol itulah apabila dikembangkan akan menjadi ketrampilang yang hebat. Dalam istilah yang lebih popular, kedelapan kecerdasar yang dimiliki oleh manusia itu adalah:
1. Kecerdasan Linguistik (Word Smart)
Adalah kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif. Kecerdasan ini sangat berguna bagi para penulis, aktor, pelawak, penyiar radio, host, dan para pembicara hebat. Kecerdasarn juga membantu kesuksesan di karirnya di bidang pemasaran atau politik.
2. Kecerdasar Logis – Matematis (Number Smart)
Kecerdasan ini melibatkan keterampilan mengolah angka dan atau kemahiran menggunakan logika dan akal sehat. Ini adalah kecerdasan yang digunakan ilmuwan untuk membuat hipotesa dan dengan tekum mengujinya dengan eksperimen. Ini juga kecerdsasan yang digunakan para akuntan pajak, pemrogam komputer dan ahli matematika.
3. Kecerdasarn Spacial (Picture Smart)
Ini adalah kecerdasan gambar dan bervisualisasi. Kecerdasan ini melibatkan kemampuan untuk memvisualisasikan gambar di dalam kepala seseorang atau menciptakannya dalam bentuk dua atau tiga dimensi. Pemilik kecerdasan ini dalam tingkat tinggi adalah seniman, pemahat, dan pelukis
4. Kecerdasan Kinestetik – Jasmani (Body Smart)
Adalah kecerdasan selurun tubuh (atlet, penari seniman, penjahit, tukang kayu,ahli bedah). Apabila Kita tidak betah duduk lama dan lebih suka bergerak, menyukai studi lapangan dan praktek, maka Kita menonjol dalam kecerdasan ini.
5. Kecerdasan Musical (Music Smart)
Kecerdasan ini melibatkan kemampuan menyanyikan sebuah lagu, mengingat melodi music, mempunyai kepekaan irama, atau sekedar menikmati musik. Dalam bentuknya yang lebih canggih, kecerdasan ini mencakup para diva dan virtuoso piano di dunia seni dan budaya.
6. Kecerdasan Antarpribadi (People Smart)
Kecerdasan ini melibatkan kemampuan untuk memahami dan bekerja untuk orang lain. Kecerdasan ini melibatkan banyak hal, mulai dai kemampuan berempati, kemampuan memimpin, dan kemampuan mengorganisir orang lain. Jika Kita sangat populer di kawasan teman-teman dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan secara cepat. Kita berbakat dalam kecerdasan ini. Mereka yang mempunyai bakat ini adalah seorang pemimpin, konselor, pengusaha atau organizer komunitas
7. Kecerdasan Intrapribadi (Self Smrat)
Kecerdasan ini melibatkan kemampuan untuk memahami diri sendiri, kecerdsaan untuk mengetahui siapa sebenarnya diri Kita sendiri. Kecerdasan interpribadi sangat penting bagi wirausaha dan individu lain yang harus memiliki persyaratan disiplin diri, keyakinan, dan pengetahuan diri untuk mengetahui bidang atau bisnis baru. Jika kita mampu mengetahui siapa diri Kita sebenarnya. Kita percaya diri dan tidak pemalu, maka Kita berbakat dalam kecerdasan ini.
8. Kecerdasan Naturalis (Nature Smart)
Kecerdsasan ini melibatkan kemampuan untuk mengenal bentuk-bentuk di alam sekitar kita seperti burung, bunga, pohon, hewan, serta flora dan fauna yang lainnya. Kecerdasan ini dibutuhkan di banyak profesi seperti ahli biologi, penjaga hutan, dokter hewan dan hortikulturalis

12 komentar:

nelson kaligis said...

Tapi kecerdasan manusia ada batasnya!!!

lek anggi gak,profesor soalnya!!!!

hew...55x

Anonymous said...

arek2 ipa 4 cerdas kabeh...

cerdas dlam hal buruk tapi...

kecuali ane yo..

Yania Evitasari said...

galih iku cerdass .
cadass pisan .
hoho .

Anonymous said...

smw org bisa cerdas

asal sering diasa aja.

kl bwt anggi g usah diasa
dy udah cerdas....
kan profesor gundoel

ha...ha...99x

pratiwi hape said...

tenang ajah kawand...
kita semua orang iang cerdas kug
tapi kalau anggi emang nggak usah ditanya..
dia sangat cerdas.
amien iah nggik...
hehehehehe

pratiwi hape said...

cerdas...

semua orang berhak cerdas

Anonymous said...

maringono awak dhewe pelajarane evolusi

Yania Evitasari said...

cerdasss .. kaiag abahe ratee..

Yania Evitasari said...

bdw ,, rate ko gga ada suarane blaz ?

Yania Evitasari said...

pacaran tok mbek bowo

Yania Evitasari said...

epii lope pattinson

Yania Evitasari said...

marent aku ujan - ujan ma putrek lou

Post a Comment